THR PNS

Viral Harga Pertamax Naik Ke 16 Ribu Rupiah Per Liternya

Soloupdate.com – Harga pertamax akan diprediksi naik ke harga 16 ribu rupiah perliternya mulai tanggal 1 April 2022. Baik warganet yang memang setiap hari sering ngisi bensin pertamax bisa pindah ke pertalite.

Sebelumnya warganet digegerakan dengan minyak goreng yang langka, ditambah setelah tidak ada subsidi harga minyak goreng di pasaran kembali ada dengan harga 50 ribu per 2 liternya.

Namun harga tersebut tetap mempertimbangkan dari harga minyak dunia dan daya beli masyarakat. Kajian harga minyak ini memang perlu diperhitungkan apalagi seperti dilihat dari tingkat konsumsi bahwa pertamax biasanya digunakan untuk 14 persen dari total konsumsi BBM Pertamina yang 3 persennya lagi dari non subsidi seperti pertamax turbo, dex dan dexlite semenara itu sisanya adalah konsumsi BBM bersubsidi seperti Sollar dan pertalite.

Jika memang harga minyak yang akan datang masih lebih tinggi dan berkepanjangan maka akan memberikan dampak yang berat bagi APBN Indonesia. Bagaimana dengan negeri tetangga seperti Malaysia, Thailanda dan Singapura. Apakah sudah menaikkan harga minyak di Thailand, singapura dan malaysia Jauh lebih mahal dibandingkan di Indonesia

Untuk harga bensi di Singapura saja untuk BBM per liternya sekitar 3 dollar Singapura jika dirupiahkan harganya sekitar 37 ribu per liternya sedangkan di Thailand harga BBM sekitar 38,54 bath atau setara dengan 16 ribuan per liternya

Sedangkan untuk Harga BBM di Malaysia ini lebih murah dibandingkan dengan di Indonesia yaitu sebesar 6.990 per liternya karena memang pemerintah Malaysia memberikan subsidi BBM bagi masyarakatnya.

Harga Pertamax yang diperkirakan akan naik ini karena harga minyak mentah di dunia tembus pada level 100 dollar Amerika per bareelnya. Apabila harga minyak ini terus-terusan disubsidi oleh pemerintah maka pertamina akan mengalami kerugian.
Sedangkan harga minyak di Indonesia saat ini sesuai dengan portal pertamnia adalah sebagai berikut

Pertalite (RON 90): Rp 7.650
Pertamax (RON 92): Rp 9.000
Pertamax Turbo (RON 98): 14.500
Dexlite (diesel): Rp 12.950
Pertamina DEX (diesel): Rp 13.700.

Sedangkan masyarakat bawah masih bisa menggunakan pertalite karena memang masih disubsidi oleh pemerintah. Jika semua BBM naik maka kebutuhan dasar atau pokok di Indonesia akan juga ikut naik sesuai dengan naiknya harga BBM ini.

Sesuai degan kebijakan pemerintah yang berlaku pada 1 april 2022 bahwa untuk harga jenis pertamax dari sebelumnya Rp 9.000-Rp 9.400 per liter akan menggunakan harga baru menjadi Rp 12.500-Rp 13.000 per liter

Harga pertama Rp 12.500-Rp 13.000 per liter akan berlaku di 34 provinsi di Indonesia, Nah prediksi menjadi 16 ribu tersebut memang menjadi viral, namun pemerintah telah menetapkan harganya dikisaran 13 ribu rupiah.

topik nugroho

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City

Leave a Comment