deretan-kuliner-khas-wonogiri-yang-harus-dicoba

Deretan Kuliner Khas Wonogiri yang Harus Dicoba

deretan-kuliner-khas-wonogiri-yang-harus-dicoba
Kuliner Wonogiri

SoloUpdate.com – Kuliner merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk setiap orang. selain itu, kuliner juga dapat dijadikan sebagai hobi saat berkunjung atau berlibur di suatu daerah, karena dengan kuliner, kita lebih mengenal dan menyukai makanan khas di daerah tersebut. Salah satunya adalah kuliner khas Wonogiri yang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Solo yang mempunyai beberapa kuliner khas yang bisa dikunjungi dan dicoba. Disini, penulis akan memberikan informasi tentang kuliner apa saja yang menjadi makanan khas di wonogiri, yaitu sebagai berikut:

1. Jangan Lombok Ijo (Sayur Pedas)
Jangan (dalam bahasa jawa, artinya sayur) Lombok ijo ini merupakan salah satu kuliner khas yang berada di Wonogiri. Kuliner yang satu ini biasa dihidangkan sebagai menu sehari-hari. Jangan Lombok Ijo merupakan sayur santan pedas yang dibuat dari bahan bahan sederhana seperti tempe, tahu, petai, serta tambahan cabai hijau dan cabai rawit untuk menambah sensasi rasa pedas pada makanannya. Selain itu, Jangan Lombok Ijo juga sering dihidangkan dalam acara pernikahan, serta acara-acara lainnya.

2. Nostalgia dengan kuliner Lentho, Wonogiri
Untuk penikmat kuliner khas wonogiri, tentunya masih mengingat kuliner yang satu ini. Kuliner yang berbahan utama kacang tholo dan singkong tersebut menjadikan penikmatnya seakan bernostalgia dengan rasanya yang khas. Adapun cara membuat Lentho yaitu dengan mencampurkan Tepung singkong yang sudah kering dengan kacang tholo, kemudian ditambah dengan bumbu ketumbar membuat rasanya sulit dilupakan bagi penikmatnya.

3. Pindang Kambing
Pindang tidak harus terbuat dari ikan, tetapi masyarakat wonogiri dengan kreatifitasnya membuat kuliner pindang yang berbeda, yaitu membuat pindang kambing. Kuliner pindang kambing tersebut terbuat dari bahan-bahan yang berupa adonan gaplek, kikil kambing dan jeroan, yang diberi bumbu-bumbu tradisional pada biasanya. yang unik dari pindang kambing ini adalah daun yang dipakai untuk membungkusnya, yaitu dibungkus daun jati. Karena dipercaya mampu mempertahankan cita rasa dari pindang kambing tersebut. Pindang kambing sangat digemari oleh masyarakat wonogiri karena rasanya yang manis dan gurih.

4. Cabuk Wijen
Cabuk wijen menjadi kuliner yang langka di wonogiri, disebabkan proses pembuatannya yang sulit. Kuliner yang berbentuk pasta dengan warna hitam satu ini, dibuat menggunakan bahan yang berupa wijen yang berasal dari ampas wijen yang dicampur dengan merang padi, kemudian dibakar. Setelah itu, diolah dengan campuran garam, gula jawa, cabe rawit, kemangi serta bawang putih. Untuk rasa dari cabuk wijen, penikmat kuliner akan merasakan sensasi rasa pedas dengan sedikit getir, cocok bila dinikamti dengan nasi putih.

5. Nasi Tiwul
Nasi Tiwul merupakan kuliner yang sangat populer di wonogiri. Karena kuliner satu ini merupak dan makanan pokok masyarakat wonogiri. Bahan bahan yang digunakan dalam pembuatan nasi tiwul adala tepung gaplek yang berasal dari singkong kering yang ditumbuk. rasa yang dihasilkan dari nasi tiwul adalah rasa manis dari singkong dengan warna yang kecoklatan, sangat sesuai bila dilengkapi dengan ikan asin,urap, serta sambal cabuk.

Itulah beberapa nama-nama kuliner khas yang berada diwonogiri, harus dicoba saat sedang berkunjung di Solo, khususnya di wonogiri.

Arkin Haris

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Deretan Kuliner Khas Wonogiri yang Harus Dicoba yang dipublish pada Mei 26, 2017 di website SOLO UPDATE

Leave a Comment