Antrean SPBU

Fenomena Mengantre BBM di SPBU Hingga 30 Menit

Soloupdate.com – Setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu solar, pertalite dan bbm non subsidi lain seperti pertamax. Ada sebuah fenomena langka yang terjadi.

Biasanya antrean BBM di SPBU tidak mengular hingga ruas jalan, namun saat ini setelah pemerintah mengalihkan subsidi BBM dengan harga jual yang tinggi ada fenomena mengantre BBM hingga ruas jalan

Apalagi ketika seluruh masyarakat Indonesia kena prank, antrian mengular panjang karena mereka mengira BBM akan bakalan naik di awal bulan kemarin.

Tradisinya, mereka akan mengisi BBM hingga penuh dengan harga murah sebelum kenaikan harga esok harinya.

Tradisi antrian panjang dengan mengisi full BBM sudah terlihat sejak awal hingga tengah malam sebelum harganya diberlakukan.

Antrean Kendaraan di SPBU

Fenomena Panic buying memang telah mendarah daging di Indonesia, seperti ketika harga sembako dan lainnya tidak ada dipasaran lagi mereka seperti memiliki kepanikan dengan membeli sejumlah sembako yang ada. Begitupula dengan antrean kendaraan di SPBU ketika kenaikan bbm akan diputuskan maka secara tidak sadar masyarakat secara ramai mendatangi SPBU untuk membeli produknya

Hingga saat ini antrean kendaraan di SPBU masih belum surut masih seperti sebelum naiknya BBM di jalur BBM bersubsidi, Berbeda dengan antrean di Jalur Pertamax dengan harga yang lebih mahal.

Antrean ini tidak juga terjadi di Jakarta saja melainkan di beberapa kota juga merasakan hal yang sama untuk mengantre pertalite mereka membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari biasanya.

Antrean tersebut dari pagi hingga malam karena kemungkinan besar SPBU saat ini diberikan jatah per liternya.

Dan ada beberapa orang yang memang menghindari antrean yang mengular tersebut dengan memilih mengisi motornya dengan pertamax atau pertamax turbo, harganya lebih mahal dari pada nanti capek untuk ikut antrean BBM di SPBU.

Melalui Sekretaris perusahaan PT. Pertamina angkat bicara bahwa masyarakat tak perlu khawatir akan ketersediaan BBBM, Jika 1 motor diisi petugas habis 2 menit dengan antrian 10 orang maka anda harus mengantre 20 menit

Untuk pembatasan pengisian BBM belum berlaku hingga saat ini, masih menunggu penyelesaian revisinya dan saat ini Stock di SPBU masih tersedia.

Masyarakat Khawatir

Dengan kenaikan BBM ini menjadi fenomena tersendiri beberapa minggu terakhir soal kehabisan kuota BBM, meskipun harganya naik masyarakat melakukan pengisian BBM diluar kebutuhan setiap hari yang menjadi ada fenomena panik buying.

Mereka mengkhawatirkan akan ada BBM yang akan habis dengan mengantisipasi untuk membeli BBM secara berlebih, apalagi saat ini pemerintah mengencarkan untuk mengendarai kendaraan dengan menggunakan teknologi listrik

topik nugroho

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City

Leave a Comment