kompor induksi

Tak Ada Penghapusan Daya 450 Volt, Kata PLN. Namun Beralih Ke Program Kompor Induksi 1000 watt

Soloupdate.com – PLN memastikan tidak akan ada pengalihan daya listrik dari 450 Volt ke 900 VA bagi rakyat miskin, selain itu tidak ada penghapusan daya golongan pelanggan 450 Volt. Selama ini belum ada mandat dan pembahasan apapun dari pemerintah tentang diskuis perubahan daya listrik masyarakat.

Dermawan slaku Direkrut PLN saat ini terus berkoordinasi dengan pemerintah tentang pelayanan kelistrikan yang ada di Tanah Air sehingga tetap produktivitas sehingga daya beli dimasyarakat akan penggunaa listrik ini berimbang ditengah meningkatnya harga komoditas energi.

Namun Perusahaan Listrik Negara atau PLN memertimbangkan akan program konversi LPG 3 kilopgram ke kompor Induksi. Dengan program tersebut maka akan memberikan buktinya bahwa akan ada penghembatan APBN sampai dengan Rp 85,65 trilyun.

Hingga saat ini PLN dan pemerintah ingin memastikan bahwa dengan penggunaan kompor Induksi akan memberikan manfaat penghematan yang lebih murah dari pengadaan gas melon. Karena selama ini pemerintah telah memberikan subsidi ke BBM dan Subsidi LPG 3 kilogram yang mnencapai Rp. 67,62 Trilyun.

Selama ini memang subsidi yang diberikan pemerintah ke rakyat miskin membengkak mulai dari subsidi BBM hingga Subsidi LPG yang bertuliskan untuk rakyat miskin. Dengan penyaluran subsidi energi yang lebih tepat sasaran dengan basis data pelanggan PLN nantinya pemerintah akan mendistribusikan Kompor Listrik secara masal.

Konsumsi Gas Lpg 3 kilogrampun dinilai tidak tepat sasaran karena pelangan yang menggunakan daya listrik 900 VA dan 1300 VA itu ternyata menggunakan LPG 3 Kilogram.

Dan dinilai 90 persen kenaikan nilai subsidi tersebut berasal dari alokasi APBN ke anggaran LPG 3 kilogram yang mana mayoritas penggunanya adalah kalangan bawah keatas.

Namun, sama saja jika nantinya program kompor induksi ini diberlakukan setidaknya akan ada masyarakat yang akan tambah daya beban dengan setidaknya lebih dari 1000 watt. Jika pelanggan nantinya tambah daya maka harus bayar namun jika memang PLN yang menambah daya dan memberikan kompor induksi maka gratis tambah daya pelanggan

Setidaknya pemerintah akan melakukan konversi LPG 3 Kg kepada golongan pelanggan daya 450-900 volt ampere dan diharapkan dapat mengurangi penggunaan LPG karena memang pemenuhan kebutuhan didalam negeri masih impor dari negara lain.

Sementara itu akan diberikan secara gratis kepada keluarga penerima manfaat satu uni kompor induksi dengan dua tungku yang digunakan untuk masa dengan daya 1.000 wat serta diberikan dua unit alat memasak berupa panci dan wajan serta modul internet of things untuk menyimpan data konsumsi energi listrik.

Usulan penggunaan kompor listrik atau induksi dan pencabutan gas LPG 3 kg ini sebagai salah satu pengurangan kelebihan dari suplai listrik yang membebani negara

Berdasarkan dari hitungan PLN sendiri bahwa dengan mengkonversikan ke kompor induksi dari elpiji 3 kg maka akan menghemat anggara APBN negara per tahunnya hingga Rp. 330 milyar

 

 

 

 

topik nugroho

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City

Leave a Comment