Kirab Kebo Bule Malam 1 Suro Keraton Solo

Soloupdate.com – Pemerintah kota Solo telah memperingati kirab kebo Bule setiap Malam 1 Suro sejak kepemimpinan Pakubuwono kaping sepuluh hingga sekarang ini. Masyarakat dapat menyaksikan perayaan tersebut mulai pukul 23.00 dengan tokoh utamanya Kebo Bule yang bernama Kyai Slamet

Kirab ini dimulai dari keraton solo dengan melewati di beberapa jalan yang kembalinya ke keraton dengan rute jln paku buwono, bundaran gladak,jenderal sudirman, benteng vastenburg, mayor kusmano, kapten mulyadi, veteran, yos sudarso, slamet riyadi dan berakhir di keraton.

Dulunya kirab ini juga menjadi peringata dari haul pakubuwono ke sepluh meninggal di tanggal yang sama atas jasanya pengabdian di kota Solo. Sebelum digelarnya peringatan 1 suro, keraton solo juga menyelenggarakan acara wilujengan dengan tujuan memohon dan berdoa agar diberi keberkahan, perlindungan yang dipimpin oleh para sesepuh dengan memanjatkan doa bersama terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

1 Suro sendiri menurut perhitungan jawa sesuai dengan kalender Sultan Agunung yang jatuh pada hari Senin yang berbeda dengan Kalender Hijriyah 1 Muharram jatuh pada hari Minggu.

Acara 1 Suro dilaksanakan mulai Minggu Sore menurut perhitungan jawa yang dimulai malam hingga siang nanti yang berbeda dengan kalender Masehi dengan hitungan tengah malam ke tengah malam di hari berikutnya.

topik nugroho

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City

Leave a Comment