Bantuan Karyawan swasta bergaji

Buat Apa Perusahaan Meminta Unggahan Dokumen KTP Dan KK Saat Melamar Kerja, Ini Kata Kemnaker!

Soloupdate.com – Sebuah Unggahan Dokumen KTP Dan KK Saat Melamar Kerja viral di Media Sosial Twitter dengan mendapatkan lebih banyak view hingga puluhan ribu kali. Belum saja diterima kerja namun sudah meminta foto KTP, foto diri, ijazah, dan KK.

Apa Kata Kemnaker Terkait Unggahan Dokumen KTP Dan KK Saat Melamar Kerja?

Anwar Sanusi sebagai salah seorang dengan jabatan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemenaker) memberikan informasi bahwa wajar saja jika perusahaan meminta data diri kepada calon karyawannya dengan dokumen KTP, KK, dan terkadang juga Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Karena memang perusahaan menginginkan kejelasan dari calon karyawannya sebagai bentuk pertimbangan dalam mendapatkan karyawan, sehingga secara jelas dan pasti bahwa yang bersangkutan adalah warga negara Indonesia

Sementara itu dengan dokument tersebutlah nanti para calon karyawan akan melakukan analisis data untuk memberikan tunjangan kepada anak istri, atau mengikutikan karyawannya dalam program BPJS ketenagakerjaaan ataupun untuk melakukan kepengurusan pajaknya.

Wajar saja jika memang dimintai dokument lampiran Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Bukannnya tidak wajar namun anda harus pastikan terlebih dahulu perusahaannya itu memang ada dan terdaftar di Kemnaker atau memang perusahaan bohongan.

Sementara itu anda harus memang lebih berhati-hati terkait dokument data diri yang anda berikan ke perusahaan. Sebelum anda memberikan dokument yang harus anda pastikan adalah kredibilitas dari perusahaan yang anda daftar tersebut.

topik nugroho

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City

Leave a Comment