Pelat nomor

Chip Akan disematkan Pada Pelat Nomor, Apa Fungsinya?

Soloupdate.com -Pelat Nomer Kendaraan menjadi wacan baru pemerintah, kepolisian akan mengubah warna pelat nomor yang saat ini berwarna hitam dirubah menjadi warna putih. Selain itu kepolisian juga akan menyematkan sebuah chip?

Nah, apa fungsi chip yang akan tersemat di Pelat Nomor Kendaraan? Seperti keterangan dari korps Lau lintas polri, bahwa cip yang akan ditanamkan pada pelat nomer kendaraan akan menggunakan sebuah sistem Radio Frequency Identification atau RFID yang mana fungsinya salah satunya ada memudakan tugas polisi dalam mengidentifikasi identitas kendaraan.

Fungsi teknologi ini beragam tidakanya identifikasi identias melaikan untuk berguna untuk berbagai hal yang mendukung mobilitas seorang yang memiliki kendaraan tersebut seperti penerapa ETLE.

ETLE merupakan sebuah sistem berbasis tilang menggunakan CCTV sehingga seorang pelanggar lalu lintas dapat dengan mudah diidentifikasi dengan menggunakan chip tersebut selain itu juga pada pembayaran tol pun tanpa sentuh suda teridentifikasi nomor kendaraannya.

Selain pada pembayaran tol, juga difungsikan sebagai parkir elektronik hingga jalan berbayar atau ERP.

Dengan menggunakan teknologi chip layaknya sebuah sim card dalam ponsel, maka pelat diklaim tida muda untuk dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dan akan efektif dilaksanakan oleh kepolisian tahun depan, dan dengan adanya teknologi chip yang tersemat pada sebuah pelat nomor nantinya akan memudakan kepolisian untuk identifikasi apakah kendaraan tersebut pernah melakukan pelanggaran lau lintas ataupun tidak sehingga terdata pelanggaran hukum yang ada

Sedangkan untuk perubahan pada warna pelat yang akan diuba menjadi warna putih dengan tulisan hitam nantinya akan dilaksanakan secara bertahap dan saat ini sedang memasuki fase lelang untuk diakhir taun siapa yang akan memenangkan tender pelat nomor ini.

topik nugroho

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City

Leave a Comment